Kamis, 01 April 2010

Tips Merawat Payudara




Perawatan pada payudara agar tetap indah dan sehat bisa dibagi menjadi 3 kegiatan yaitu

1. Pembersihan Payudara / Breast Cleansing, 2. Pemijatan Payudara / Breast Massage, 3. Pemaskeran Payudara / Breast Masking

Lalu apa yang dilakukan pada masing-masing kegitan tersebut? mari kita jabarkan lebih lanjut…



1. Pembersihan Payudara / Breast Cleansing

Pembersihan Payudara / Breast Cleansing ini dilakukan sebelum melakukan pemijatan dan pemaskeran pada payudara, yang merupakan inti dari kegiatan perawatan pada payudara. Pembersihan pada payudara dilakukan agar payu dara menjadi bersih dan segar. Kegiatan yang dilakukan yaitu:

Berikan pembersih pada payu dara, ratakan pembersih secara melingkar pada payudara sampai bagian dada. Lalu bersihkan dengan handuk kecil dengan arah melingkar dan bersihkan juga pada bagian puting susu nya. Dan terakhir, tepuk-tepuk secara perlahan dengan menggunakan penyegar yang dituangkan pada kapas, kemudian diusapkan pada payudara.

2. Pemijatan Payudara / Breast Massage

Seperti kita ketahui bentuk tekstur payudara untuk setiap wanita berbeda-beda, maka tekakan pijatan yang dilakukan pada payudara juga harus disesuaikan dengan tekstur payudaranya. Wanita yang memiliki payu dara bertekstur lunak sebaiknya dipijat secara lembut, sedangkan wanita yang memiliki payudara dengan tekstur lebih padat, bisa dipijat dengan tekanan sedang. Lalu berapa kali pemijatan ini sebaiknya dilakukan?

Pemijatan pada pada payudara sebaiknya dilakukan 2 kali dalam seminggu. Anda bisa menggunakan minyak sayur sebagai pelumas atau bisa juga tanpa memakai minyak. Dan sebaiknya diperhatikan untuk tidak menggunakan minyak aroma terapi atau minyak yang dibuat dari bahan berbasis mineral.

Langkah dalam melakukan pemijatan pada payudara:
Lakukan gerakan memijat yang bergerak dari arah puting ke luar. Tekanan jangan lebih keras dari pada tekanan yang bias diterima sama kelopak mata. Tekanan yang keras bisa membuat pembuluh darah limfe tertekan dan menghentikan aliran racun serta cairan lainnya. Pijatan sebaiknya dilakukan secara perlahan agar mencapai hasil yang maksimal.
Berikanlah pijatan pada payudara dengan kedua tangan seperti gerakan meremas.
Lalu gunakan kedua tangan secara hati-hati dan perlahan dengan gerakan searah jarum jam dan sebaliknya. Lakukan perlahan, jangan memberikan tekanan pada payudara terlalu keras.

Catatan: pada kegiatan pemijatan ini, bila Anda merasakan ada suatu benjolan, sebaiknya tidak dilakukan pemijatan dan segera melakukan konsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

3. Pemaskeran Payudara / Breast Masking

Sebelumnya, Anda perlu meracik terlebih dahulu bahan-bahan untuk melakukan pemaskeran payudara / breast masking. Bila sudah, oleskan masker pada payudara kecuali pada puting susu. Dan biarkan sejenak, setelah masker kering, angkat masker memakai waslap dan lap sampai bersih.

Kesimpulan: Agar payudara tetap indah dan sehat, Anda perlu merawatnya dan melakukan kegiatan perawatan payudara secara teratur.


sumber : http://www.tipsmemperbesarpayudara.com/